Direktori Pekara Putus

Berita PT

KMA Melantik Ketua Kamar Agama dan Ketua Kamar Pengawasan

13-04-2017 | Dimuat oleh Administrator

Jakarta – MA : Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, SH., MH pada Rabu, 12 April 2017  melantik Dr. H. Amran Suadi, SH., MH sebagai Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung menggantikan Prof. Abdul Manan SH., MH yang telah pensiun pada Februari 2017 lalu. Dan Dr. H. Sunarto, SH., MH sebagai Ketua Kamar Pengawasan Mahkamah Agung menggantikan Dr. H. M. Syarifuddin yang terpilih menjadi Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial. Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 39/P Tahun 2017 tentang pengangkatan Ketua Muda Agama dan Ketua Muda Pengawasan Mahkamah Agung.
Acara berlangsung di ruang Kusumah Atmadja, Gedung Utama Mahkamah Agung Lt. 14. Hadir dalam acara pelantikan tersebut ketua Lembaga Tinggi Negara, Para Ketua Pengadilan Tingkat Banding, pejabat Eselon I,II dilingkungan Mahkamah Agung, Mantan Pimpinan Mahkamah Agung dan undangan lainnya. (PN/RS)

KY Jaring CHA Jabar Potensial

04-04-2017 | Dimuat oleh Administrator

 
Bandung - Admin – Bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Jawa Barat, Komisi Yudisial (KY) melakukan sosialisasi dan penjaringan Calon Hakim Agung terhadap Hakim Tinggi, kalangan akademisi dan praktisi hukum potensial yang diundang. Didampingi Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat dan Hakim Tinggi Herman Heller Hutapea, Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY Maradaman Harahap mensosialisasikan proses penjaringan Calon Hakim AGung yang merupakan amanat undang-undang, Komisi Yudisial (KY) berwenang untuk mengusulkan hakim agung kepada DPR untuk mendapatkan persetujuan. KY memastikan akan membantu meyakinkan DPR untuk menyetujui calon-calon yang sudah dinyatakan lulus di seleksi KY. Aspek kualitas dan integritas menjadi jaminan bahwa calon-calon tersebut adalah yang terbaik.
 
“KY tidak akan melepaskan para calon yang diusulkan ke DPR begitu saja. KY tetap mengawal dan melakukan pertemuan-pertemuan yang intensif dengan DPR,” ungkap Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY Maradaman Harahap di depan para peserta penjaringan seleksi CHA Tahun 2017, Rabu (22/3) di Pengadilan Tinggi Jawa Barat (PT Jabar), Bandung saat menjawab salah satu pertanyaan peserta perjaringan soal proses fit and proper test di DPR.
 
Hakim Tinggi PT Jawa Barat Eddy Pangaribuan meminta KY untuk dapat mempertahankan calon yang telah lolos seleksi di KY.
 
“KY punya parameter yang terukur dalam semua proses seleksinya. Jangan hanya karena proses politik menjadikan Anggota DPR bisa menggugurkan calon hakim agung yang sudah disaring dengan sangat ketat di KY,” harap Eddy.
 
Penjaringan CHA Tahun 2017 ini merupakan salah satu upaya KY untuk “jemput bola” ke beberapa daerah agar menarik antusiasme para CHA potensial untuk mengikuti seleksi.
 
"Namun, sayangnya di tahun 2017 ini KY hanya sekali melakukan seleksi calon hakim agung. Padahal, dilihat dari formasi yang dibutuhkan ditambah lagi dengan dua orang yang akan pensiun tahun ini, kami membutuhkan minimal setahun dua kali seleksi," tambah Maradaman.
 
Seleksi CHA Tahun 2017 ini untuk memenuhi kekosongan 6 jabatan hakim agung yang terdiri dari 1 orang Kamar Pidana, 2 orang Kamar Perdata, 1 orang Kamar Agama, 1 orang Kamar Militer (berasal dari militer), dan 1 orang Kamar Tata Usaha Negara (yang memiliki keahlian hukum perpajakan).
 
Dalam kesempatan itu pula, Maradaman berpesan kepada para hakim tinggi yang telah memenuhi persyaratan untuk segera mendaftar seleksi CHA Tahun 2017. Menurutnya, jabatan hakim agung adalah puncak karir tertinggi dari seorang hakim. (KY/Jimmy/Festy)

PENERIMAAN USULAN CALON HAKIM AGUNG TAHUN 2017

15-03-2017 | Dimuat oleh IT Admin

Surat Komisi Yudisial dapat di download disini

PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN KETUA PENGADILAN NEGERI BALE BANDUNG OLEH KETUA PENGADILAN TINGGI JAWA BARAT

03-03-2017 | Dimuat oleh IT Admin

 
 
 
Jum'at, 03 Maret 2017, Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat, bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Jawa Barat. Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat, H. Arwan Byrin, SH., MH. melaksanakan Pelantikan dan  Pengambilan Sumpah Ibu Hj. Siti Suryati, SH., MH., MM., Sebagai Ketua Pengadilan Negeri Bale Bandung.
Acara Pengambilan Sumpah, dan Pelantikan Ketua ini diawali dengan sidang Majelis Hakim Tinggi Jawa Barat dengan sebagai saksi dalam persidangan persidangan luar biasa tersebut yaitu DJERNIH SITANGGANG, Bc.Ip., SH., MH. dan SIR JOHAN, SH., MH. Dalam acara Pengambilan Sumpah, dan Pelantikan tersebut yang dilanjutkan dengan dibacakannya Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI oleh Panitera Pengadilan Tinggi Jawa Barat ANSHORI THOYIB, S.H., M.Hum.
Dalam acara tersebut selain dihadiri oleh Hakim – Hakim Tinggi dan Para Ketua Pengadilan Negeri diwilayah hukum Pengadilan Tinggi Jawa Barat juga hadir Forum Komunikasi Pimpindan Daerah Bale Bandung, serta Keluarga Besar dari Pengadilan Negeri Bale Bandung dan Para Tamu Undangan, dalam kesempatan ini Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat berpesan agar Pengadilan Bale Bandung dapat tetap mempertahankan kinerjanya walaupun setelah di laksanakannya audit external oleh Dirjen Badan Peradilan Umum MARI, karena pada hakikatnya APM adalah pemenuhan dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, serta membiasakan budaya kerja yang baik dan terstandart serta tepat waktu.
 
Dalam beberpaa kesempatan, Ketua Mahkamah Agung RI sering menyampaikan, ada tiga permasalahan yang mendasar yang perlu perhatian khusus, diantaranya adalah
1. Lambatnya penanganan penyelesian perkara.
2. Akses informasi para pencari keadilan yang kurang di setiap satuan kerja.
3. Perunya Perhatian khusus terhadap pelaksanaan Intergritas 
 
Perlu di perhatikan terkait penyelesaian perkara,  terutama masalah delegasi, sehingga perlu di dukung dengan penempatan teknologi informasi, sehingga panggilan atau pemberitahuan akan menjadi lebih efektif dan efisien, dengan adanya sipp maka bantuan delegasi dapat termonitoring dengan baik, namun dalam pelaksanaanya masih belum efektif, oleh karena itu perlu perhatian terhadap pelaksanaan delegasi dan penyelesaian perkara.
 
Perlunya mengikuti perkembangan Teknologi Informasi,  dimana terdapat SIPP pada pengadilan negeri dimana dalam pelaksanaannya memerlukan kerjasama antara pelaksana tugas yang ada, karena SIPP harus disiberdasarkan runutan serta tidak melebih 1x24jam dalam hal pengisian, maka perlu terus diikuti baik perkembangan dan tekhnologinya, sehingga keterlambatan pengisian SIPP dapat di minimaliris.
 
Acara dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dari Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat serta para unsur pinpinan, pejabat serta seluruh tamu undangan yang hadir dalam acara, dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan makan siang bersama.(.Red)
 
 
 
 
 
 
 

PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN KPN TASIKMALAYA OLEH KETUA PENGADILAN TINGGI JAWA BARAT

25-01-2017 | Dimuat oleh IT Admin

 

 

 

Rabu, 25 Januari 2017, Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat, bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Jawa Barat. Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat, H. Arwan Byrin, SH., MH. melaksanakan Pelantikan dan  Pengambilan Sumpah Bapak Riza Fauzi, SH., CN.. Sebagai Ketua Pengadilan Negeri Tasikmalaya.

Fokus PT Bandung

  • Fokus
    images/header.jpg
    PEMBANGUNAN MASJID AL-MIZAN PENGADILAN TINGGI JAWA BARAT
    ASSALAAMUÁLAIKUM WR, WB. PUJI DAN SYUKUR KITA CURAHKAN KEPADA ALLAH RABBUL 'IZZATI YANG TELAH MEMBERIKAN... Selengkapnya