Direktori Pekara Putus

Berita PT

Ujian Cakim dan CPNS di Pengadilan Tinggi Bandung

27-10-2009 | Dimuat oleh admin

BANDUNG - ADMIN; Sebanyak 1117 orang peserta ujian dari semua formasi jabatan dan pendidikan yang tersedia untuk pendaftaran di Pengadilan Tinggi Bandung mengikuti ujian tertulis yang dilaksanakan di Aula Fakultas Hukum Universitas Islam Nusantara. Hadir dalam pelaksanaan ujian ini Panitia Pusat MA diantaranya Sekretaris Mahkamah Agung, Dirjen Badilmiltun, Direktur Teknis Tatalaksana TUN, Kepala Biro Keuangan MARI, Ketua Pengadilan Tinggi Bandung dan seluruh Panitia Daerah.


Ujian dimulai sejak pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 12.30 WIB, kecuali untuk Cakim Umum dan TUN ujian berlangsung hingga pukul 16.00 WIB karena ada tambahan materi Ujian (Tes Substantif). Ujian berlangsung dengan tertib walaupun dalam suasana ruangan yang terbatas.

 

Dua Pimpinan BPK Bersumpah di MA

27-10-2009 | Dimuat oleh admin

JAKARTA - Badilag.net; Ketua Mahkamah Agung Harifin Tumpa memandu pengucapan sumpah Hadi Purnomo dan Herman Widyananda sebagai Ketua dan Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2009-2014, di Gedung MA, Senin (26/10).
 


”Demi Allah Saya bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya, untuk menjadi Ketua BPK, langsung atau tidak langsung dengan rupa atau dalih apapun tidak memberikan atau menjanjikan sesuatu kepada siapapun juga,” ucap Hadi Purnomo. Pengganti Anwar Nasution ini juga bersumpah tidak akan menerima sesuatu janji atau pemberian, langsung ataupun tidak langsung, dari siapapun juga.

Pengucapan sumpah bagi Ketua dan Wakil Ketua BPK yang dipandu Ketua MA merupakan amanat Pasal 16 ayat 2 UU No. 15 Tahun 2006 tentang BPK. Sebelumnya, tujuh anggota BPK yang baru telah dilantik Presiden di Istana Negara, Senin (19/10). Mereka adalah Hadi Purnomo, Hasan Bisri, Rizal Djalil, Moermahadi Soerja Djanegara, Taufiequrahman Ruki, Muhamad Nurlif, dan Ali Masykur Musa. Herman Widyananda tidak ikut dilantik karena dia merupakan anggota BPK yang akan menjabat hingga 2012.

Tujuh anggota BPK periode 2004-2009 yang telah habis masa jabatannya adalah Anwar Nasution, Abdullah Zainie (Alm), Imran, I Gusti Agung Rai, Baharuddin Aritonang, Hasan Bisri, dan Irjen Pol. (Purn) Udju Djuhaeri.

Hadi Purnomo dan Herman Widyananda ditetapkan sebagai Ketua dan Wakil Ketua BPK berdasarkan keputusan sidang anggota BPK No. 11/K/I-XIII.2/10/2009 yang berlangsung Rabu (21/10). Sesuai Pasal 15 ayat 2 UU BPK, Ketua dan Wakil Ketua BPK dipilih dari dan oleh anggota BPK sendiri.

Acara pengucapan sumpah ini dihadiri Wakil Presiden Budiono beserta sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II. Hadir pula Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, anggota Komisi Yudisial Thahir Saimima dan sejumlah hakim agung.

Masa Lalu

Kala MA dipimpin Bagir Manan dan BPK dinahkodai Anwar Nasution, kedua institusi ini pernah bersilang pendapat mengenai audit biaya perkara di MA. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bahkan sampai turun tangan untuk mendamaikan keduanya. BPK bersikukuh bahwa sisa biaya perkara di MA merupakan Penghasilan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan menjadi obyek pemeriksaan BPK. Di pihak lain, MA berpendapat sebaliknya.

Silang pendapat itu akhirnya bisa diatasi setelah disahkannya UU No. 3 Tahun 2009 tentang MA, Januari lalu. Pasal 81A UU tersebut menyatakan bahwa  pengelolaan dan pertanggungjawaban atas anggaran dan biaya kepaniteraan diperiksa BPK. Sebagai langkah tindak lanjut, MA kemudian menerbitkan Perma No. 2 Tahun 2009  tentang Biaya Proses Penyelesaian Perkara dan Pengelolaannya pada MA dan Badan Peradilan di Bawahnya.

Kini kedua pemimpin institusi ini sudah berganti. Warga peradilan layak berharap keduanya mampu bersinergi dengan baik agar cerita kelam masa lalu tidak terulang.

Laporan Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan (PP-39/2006) Triwulan III

22-10-2009 | Dimuat oleh admin

Admin - Memenuhi Peraturan Pemerintah No. 39 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan serta surat Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 387/SEK/01/VIII/2009 tanggal 31 Agustus 2009 perihal Laporan Triwulanan Tahun 2009, bersama ini diminta kepada satuan kerja di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Bandung untuk segera menyampaikan ADK Laporan Triwulan III dengan Aplikasi PP-39 (Formulir A) dimaksud melalui email Pengadilan Tinggi Bandung, Paling lambat tanggal 30 Oktober 2009.

Pengumuman Tempat Ujian Calon Hakim dan CPNS T.A. 2009-2010

19-10-2009 | Dimuat oleh admin

Diberitahukan kepada para peserta Calon Hakim dan CPNS T.A. 2009-2010 ujian akan dilaksanakan pada:
Hari : Senin
Tanggal : 26 Oktober 2009
Tempat : LANTAI II (Aula) dan LANTAI III (Ruang Kuliah Pasca Sarjana) Universitas Islam Nusantara (UNINUS)
Waktu : Jam 07.30 WIB s/d Selesai

Fokus PT Bandung

  • Fokus
    images/header.jpg
    PENGUMUMAN SELEKSI ADMINISTRASI PENERIMAAN CALON HAKIM AD HOC TIPIKOR (PENGADILAN TINDAK PIDANA KORUPSI) TAHAP VI TAHUN 2014 PADA PENGADILAN TINGGI BANDUNG SELAKU PANITIA DAERAH
    Menindaklanjuti Surat Ketua Muda Kamar Pidana Mahkamah Agung Nomor: 10/Pansel/Ad Hoc TPK/IX/2014 Tanggal 24 September... Selengkapnya
  • Fokus
    images/header.jpg
    PENGUMUMAN SELEKSI SEDERHANA PRAKUALIFIKASI
    Satuan Kerja Pengadilan Tinggi Bandung akan melaksanakan Seleksi Sederhana Prakualifikasi untuk paket pekerjaan jasa konsultansi secara elektronik sebagai berikut :   Pengumuman dapat diunduh disini Selengkapnya
  • Fokus
    images/header.jpg
    PEMANGGILAN PESERTA DIKLAT PRAJABATAN GOL. I DAN II TAHUN 2014
    Menindaklanjuti surat Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI tanggal 30 Januari 2014 nomor 71/Bld/S/I/2014 perihal sebagaimana tersebut diatas, diminta kepada Ketua Pengadilan Negeri untuk menugaskan calon peserta sebagaimana surat terlampir.   Surat dapat diunduh disini. Selengkapnya
  • Fokus
    images/header.jpg
    Undangan Rakor Ketua Pengadilan Negeri Se-Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Jawa Barat.
        Diberitahukan kepada para Ketua Pengadilan Negeri di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Jawa Barat agar dapat hadir dalam acara RAKER Penyusunan Perencanaan/Pelaksanaan Anggaran berdasarkan skala prioritas untuk T.A. 2014-2015. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat disini. Selengkapnya