logo pengadilan tinggi jawa barat website ramah difable

SOSIALISAISI APLIKASI e_COURT

26Dec

Ditulis oleh admin

BANDUNG-ADMIN; Selasa, 17 Desember 2019 Pengadilan Tinggi Bandung menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Aplikasi e_Court yang diikuti oleh para Hakim Tinggi, Ketua PN, Hakim Pengawas Bidang TI, Admin TI dan Admin Pojok e_Court se Jawa BaratSosialisasi dibuka oleh Ketua Pengadilan Tinggi Bandung H. Abdul Kadir, SH., MH. didampingi Wakil Ketua H. Mohammad Idroes, SH., MH., Panitera H. Sugeng Wahyudi, SH., MH. dan Sekretaris Drs. H. Subarji, SH.

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Bandung mengingatkan agar seluruh aparat peradilan bersiap untuk menyongsong pelaksanaan e_court mulai 2020. Sejak diluncurkan pada 13 Juli 2018 aplikasi e_court yang selama ini dipergunakan untuk melakukan pendaftaran secara elektronik (e-filing), pembayaran secara elektronik (e-payment), dan pemanggilan secara elektronik (e-summon) dikembangkan sedemikian rupa untuk kepentingan perbaikan dan ditambahkan dengan menu baru yakni e-litigation. Pengembangan yang dilakukan terhadap aplikasi e-court antara lain dimungkinkannya untuk mendaftarkan perkara gugatan sederhana, bantahan dan permohonan, dimungkinkannya temporary user, pengguna lain selain advokat untuk memiliki hak akses terhadap aplikasi, penambahan turut tergugat, penampilan jurnal biaya perkara dan lain-lain.

Sementara dalam menu e-litigation, nantinya dimungkinkan dilakukan pertukaran data antara para pihak dengan majelis hakim sesuai dengan acara persidangan. Sebagai contoh, apabila Tergugat telah menyetujui untuk beracara secara elektronik, nantinya Tergugat dapat mengirimkan jawaban semenjak tundaan setelah pembacaan gugatan hingga sebelum dilakukan persidangan untuk penyampaian jawaban.

Dalam kegiatan tersebut bertindak sebagai pemateri adalah Hakim Tinggi H. Agus Hariyadi, SH., MH. dan Agoeng Raharjo, SH (admin).