LKE ZI


LEMBAR KERJA EVALUASI ZONA INTEGRITAS

No.   AREA/INDIKATOR EVIDEN
  I PEMENUHAN  
  1. MANAJEMEN PERUBAHAN  
    i.  Penyusunan Tim Kerja  
    a.   Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas download
    b.   Prosedur Pembentukan Tim Kerja download
    ii.       Rencana Pembangunan Zona Integritas  
    a.   Dokumen Rencana Pembangunan Zona Integritas download
    b.  Target-target prioritas download
    c.  Media Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas download
    iii.      Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM  
    a.  Pelaksanaan kegiatan download
    b.  Monitoring dan evaluasi download
    c.  Tindak lanjut hasil Monitoring dan evaluasi download
    iv.       Perubahan Pola pikir dan budaya kerja  
    a.   Peranan Pimpinan sebagai role model pelaksanaan pembangunan ZI download
    b.   Penetapan Role Model dan Agen Perubahan download
    c.   Pembangunan budaya kerja dan pola pikir organisasi download
    d.   Keterlibatan Anggota Organisasi dalam Pembangunan ZI download
  2. PENATAAN TATA LAKSANA  
    i.       Standar Operasional Prosedur (SOP)  
    a.  SOP mengacu pada Peta Proses Bisnis download
    bPenerapan SOP download
    c.  Evaluasi SOP download
    ii.       Sistem Informasi Berbasis Elektronik (SPBE)  
    a.   Penggunaan TI dalam pengukuran kinerja download
    b.   Penggunaan TI dalam operasionalisasi manajemen SDM download
    c.   Penggunaan TI dalam pemberian pelayanan publik download
    d.   Monitoring dan evaluasi Pemanfaatan TI download
    iii.       Keterbukaan Informasi Publik  
    a.   Penerapan kebijakan keterbukaan informasi publik download
    b.   Monitoring dan evaluasi pelaksanaan keterbukaan informasi publik download
  3. PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM  
    i.       Perencanaan kebutuhan pegawai  
    a.   Acuan perencanaan kebutuhan pegawai download
    b.   Penempatan pegawai hasil rekrutmen download
    c.   Monitoring dan evaluasi pelaksanaan hasil rekrutmen download
    ii.       Pola Mutasi Internal  
    a.   Mutasi internal dalam rangka pengembangan karier pegawai download
    b.   Pedoman dan dasar mutasi pegawai download
    c.   Monitoring dan evaluasi pelaksanaan mutasi download
    iii.       Pengembangan Pegawai Berbasis Kompetensi  
    a.   Training Need Analysis download
    b.   Pertimbangan menyusun pengembangan kompetensi pegawai download
    c.   Presentasi kesenjangan kompetensi download
    d.   Kesempatan untuk mengikuti Diklat dan kompetensi lainnya download
    e.   Upaya pengembangan kompetensi pegawai download
    f.   Monitoring dan evaluasi pengembangan kompetensi pegawai download
    iv.       Penetapan Kinerja Individu  
    a.   Penetapan kinerja individu kaitannya dengan kinerja organisasi download
    b.   Kesesuaian ukuran kinerja individu dengan download
    c.   Periode waktu pengukuran kinerja individu download
    d.   Pengukuran kinerja individu kaitannya dengan reward download
    v.       Penegakan Aturan/Disiplin Kode Etik/ Kode Perilaku Pegawai  
    a.   Implementasi aturan/disiplin/kode etik download
    vi.       Sistem Informasi Kepegawaian  
    a.   Pemutahiran data dan informasi kepegawaian download
  4. PENGUATAN AKUNTABILITAS  
    i.       Keterlibatan pimpinan  
    a.   Keterlibatan pimpinan dalam penyusunan perencanaan download
    b.   Keterlibatan pimpinan dalam penyusunan penetapan kinerja download
    c.   Pantauan pimpinnan dalam pencapaian kinerja download
    ii.       Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja  
    a.   Dokumen perencanaan download
    b.   Orientasi dokumen perencanaan download
    c.   Indikator Kinerja Utama download
    d.   Prinsip SMART dalam penetapan IKU download
    e.   Waktu penyusunan Laporan Kinerja download
    f.    Informasi kinerja dalam laporan kinerja download
    g.   Sistem informasi/mekanisme informasi kinerja download
    h.   Peningkatan Kompetensi pengelolaan akuntabilitas kinerja download
  5. PENGUATAN PENGAWASAN  
    i.       Pengendalian Gratifikasi  
    a.  Public campaign pengendalian gratifikasi download
    b.  Implementasi pengendalian gratifikasi download
    ii.       Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)  
    a.   Pembangunan lingkungan pengendalian download
    b.   Penilaian risiko pelaksanaan kebijakan download
    c.   Kegiatan pengendalian meminimalisir risiko download
    d.   Informasi dan komunikasi SPI download
    iii.       Pengaduan masyarakat  
    a.   Implementasi kebijakan pengaduan mayarakat download
    b.   Tindak lanjut penangan pengaduan download
    c.   Monitoring dan evaluasi penanganan pengaduan download
    d.   Tindak lanjut hasil monev pengaduan download
    iv.       Whistleblowing System  
    a.    Penerapan whistleblowing system download
    b.    Evaluasi Implementasi whistleblowing system download
    c.    Tindak lanjut hasil evaluasi whistleblowing system download
    v.       Penanganan Benturan Kepentingan  
    a.   Identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama download
    b.   Sosialisasi Penanganan Benturan Kepentingan download
    c.   Implementasi Penanganan Benturan Kepentingan download
    d.   Evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan download
    e.   Tindak lanjut hasil evaluasi Penanganan Benturan Kepentingan download
  6. PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK  
    i.      Standar Pelayanan  
    a.  Kebijakan standar pelayanan download
    b.  Maklumat standar pelayanan download
    c.  Reviu dan perbaikan standar pelayanan download
    d.  Publikasi standar pelayanan dan maklumat pelayanan download
    ii.       Budaya Pelayanan Prima  
    a.   Sosialisasi/pelatihan penerapan budaya pelayanan prima download
    b.   Akses informasi pelayanan download
    c.   Sistem punishment/reward petugas pelayanan download
    d.   Sistem pemberian kompensasi kepada penerima layanan    download
    e.   Sarana layanan terpadu/terintegrasi download
    f.   Inovasi Pelayanan download
    iii.       Pengelolaan Pengaduan  
    a.   Media pengaduan yang terintegrasi SP4N-Lapor download
    b.   Unit pengelola pengaduan download
    c.   Evaluasi penanganan keluhan/pengaduan download
    iv.       Penilaian Kepuasan terhadap pelayanan  
    a.  Tindak lanjut Survei Kepuasan Masyarakat download
    b.   Akses hasil Survei Kepuasan Masyarakat download
    c.   Tindak lanjut Survei Kepuasan Masyarakat download
    v.       Pemanfaatan Teknologi Informasi  
    a.   Penerapan TI dalam Pelayanan download
    b.   Pembangunan Database pelayanan terintegrasi download
    c.   Perbaikan TI secara terus menerus download
  II REFORM  
  1. MANAJEMEN PERUBAHAN  
    i.        Komitmen dalam Perubahan  
    a.   Perubahan oleh Agen Perubahan download
    b.   Integrasi perubahan Agen Perubahan dalam Sistem Manajemen download
    ii.       Komitmen Pimpinan  
    Komitmen pimpinan terhadap Target capaian pelaksanaan Reformasi Birokrasi download
    iii.      Pembangunan Budaya Kerja  
    Pembangunan budaya kerja positif dan penerapan nilai-nilai organisasi download
  2. PENATAAN TATA LAKSANA  
    i.       Pengaruh Peta proses bisnis dalam penyederhanaan jabatan  
    Penyusunan Peta Proses Bisnis download
    ii.       Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang Terintegrasi  
    Integrasi implementasi SPBE download
    Implementasi SPBE mampu mendorong pelayanan menjadi lebih cepat dan efisien download
    iii.      Pembangunan Budaya Kerja  
    a.   Transformasi digital pada proses bisnis utama download
    b.   Monitoring dan evaluasi pelaksanaan keterbukaan informasi publik download
    c.   Transformasi digital pada bidang pelayanan publik telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal download
  3. PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM download
    i.       Kinerja individu  
    Ukuran kinerja individu berorientasi hasil download
    ii.       Assesment pegawai  
    Hasil assesment sebagai pertimbangan mutasi dan pengembangan karier download
    iii.       Pelanggaran disiplin pegawai  
    Prosentase Penurunan pelanggaran disiplin pegawai download
  4. PENGUATAN AKUNTABILITAS  
    i.        Peningkatan capaian kinerja unit kerja  
    Prosentase capaian sasaran kinerja pegawai download
    ii.       Pemberian Reward and Punishment  
    Dasar Pemberian Reward and Punishment download
    iii.       Kerangka logis kinerja  
    Acuan kerangka logis kinerja download
  5. PENGUATAN PENGAWASAN  
    i.       Mekanisme Pengendalian  
    Mekanisme Pengendalian secara berjenjang download
    ii.       Penanganan Pengaduan Masyarakat  
    Prosentase penanganan pengaduan  download
    iii.       Penyampaian Laporan Harta Kekayaan  
    a.   Prosentase Penyampaian LHKPN download
    b.   Prosentase Penyampaian LHKASN download
  6. PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK  
    i.      Inovasi Pelayanan Publik  
    a.  Pengaruh Inovasi terhadap perbaikan pelayanan publik download
    b.  Prosentasi layanan yang dipermudah dengan Inovasi download
    ii.       Penanganan Pengaduan Pelayanan dan Konsultasi  
    Penanganan Pengaduan Pelayanan dan Konsultasi download
B   HASIL  
  I BIROKRASI YANG BERSIH DAN AKUNTABEL  
    a.  Nilai Persepsi Anti Korupsi download
    b.  Capaian target kinerja download
  II PELAYANAN PUBLIK YANG PRIMA  
    Nilai persepsi kualitas pelayanan (IKM) download