ENTRY MEETING - DESK EVALUATION PADA SATKER MENUJU WBBM TAHUN 2021


BANDUNG - ADMIN; Kamis, 04 Maret 2021 Auditor Badan Pengawas Mahkamah Agung selaku Suvervisor Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI) bersama Tim Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Tinggi Bandung melaksanakan kegiatan entry meeting - desk evaluation melalui video conference. Kegiatan ini merupakan program kerja yang dilakukan dalam pembangunan Zona Integritas pada satuan kerja yang diusulkan untuk memperoleh predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi yang Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2021.

Pengadilan Tinggi Bandung sebagai salah satu satuan kerja yang diusulkan memperoleh predikat WBBM secara serius dan berkesinambungan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang mendukung terwujudnya wilayah birokrasi yang bersih dan melayani. Salah satu diantaranya mendorong tumbuh dan berkembangnya inovasi-inovasi pelayanan baik yang bersifat kebijakan maupun aplikasi pelayanan. Terdapat beberapa pelayanan yang telah dan sedang dikembangkan oleh Pengadilan Tinggi Bandung, diantaranya :

1. Aplikasi SIPA Pengadilan Tinggi Bandung (Sistem Informasi Penyumpahan Advokat), sebuah aplikasi yang memungkinkan asosiasi advokat mendaftarkan agenda acara penyumpahan advokat anggotanya secara online melalui link https://sipa.pt-bandung.go.id/

2.  Aplikasi E-KOPDAR (Elektronik Kompilasi Data Keuangan Terintegrasi), aplikasi yang dikembangkan untuk memperoleh data-data keuangan secara cepat dan tepat.

3. Aplikasi SIPENA (Sistem Informasi Perpanjangan Penahanan), sebuah aplikasi yang tengah dikembangkan untuk memudahkan proses perpanjangan penahanan yang dapat diakses oleh Kejaksaan, Kepolisian dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) yang terkoneksi kedalam aplikasi SIPP. Aplikasi ini dikembangkan sebagai upaya untuk mengurangi keterlambatan dalam proses permohonan perpanjangan penahanan khususnya oleh Pengadilan Tinggi Bandung.

4. Aplikasi lain yang bersifat internal yang pengembangannya dilaksanakan secara bertahap.

Inovasi-inovasi tersebut dikembangkan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.