PENUTUPAN ACARA BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) E-COURT DAN EKSEKUSI TAHUN 2021


BANDUNG - HUMAS: 24 November 2021 -- BIMTEK Aparatur Peradilan Se-Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Bandung yang diselenggarakan pada hari ini, Rabu 24 November 2021 resmi ditutup oleh Bapak Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bandung, H. Mas Hushendat, S.H., M.H. Dalam kata sambutannya, Wakil Ketua Pengadilan TInggi Bandung menyampaikan beberapa hal:

1. Semua materi yang dibahas bersma selama acara ini berlangsung sangatlah penting karena materi tersebut dapat disajikan acuan bagi pata peserta dalam melaksanakan tugas pada pengadilan tinggi dan pengadilan negeri.

2. Pimpinan Pengadilan Tinggi Bandung mengingatkan bahwa begitu strategis dan pentingnya peranan pengadilan berkinerja tinggi yang berkelanjutan dalam melaksanakan tugas terkait penanganan perkara, administrasi perkara, dan informasi perkara, termasuk eksekusi.

3. Bidang tugas non-teknis berupa penanganan akreditasi penjaminan mutu dan pembangunan ZI pengadilan pada tingkat banding dan tingkat pertama yang didukung sarana dan prasarana memadai, termasuk peningkatan inovasi-inovasi.

4. Peranan pengadilan tidak akan banyak artinya apabila tidak didukung oleh tekad kuat, kesungguhan, dedikasi tinggi, dan semangat baja segenap personil pengadilan sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya.

5. Meskipun peningkatan kinerja mulai memperlihatkan hasil, namun capaian kinerja yang berkualitas belum maksimal sebagaimana yang diharapkan masyarakat. Oleh karena itu, pengadilan negeri harus terus berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk memenuhi keinginan yang memuaskan masyarakat, dengan meningkatkan kepekaan dan sikap responsive sebagai pelayan yang ekslusif.

6. Tugas kita sebagai pelayan masyarakat, maka pengadilan harus memberikan pelayanan yang sama kepada seluruh pengguna pengadilan sesuai standar perlakuan pelayanan yang telah ditentukan dan perlakukan mereka sebagai raja. Seluruh personil pengadilan, khususnya petugas PTSP haruslah bersih dari kemungkinan terjadinya pelanggaran dalam pelaksanaan tugas pengadilan.

7. Pimpinan pengadilan tinggi mengharapkan para peserta BIMTEK lebih berperan aktif dalam melakukan berbagai pekerjaan secara efisien, efektif, dan mencegah terjadinya segala bentuk pelanggaran. Tindak lanjuti berbagai temuan hasil pemeriksaan oleh pemeriksa eksternal maupun internal untuk kepentingan pembangunan ZI.

8. Semua upaya-upaya yang dilakukan pada gilirannya akan berdampak positif terhadap perbaikan citra dan wibawa lembaga pengadilan, sehingga kepercayaan publik terhadap pengadilan, khususnya pencari keadilan akan semakin meningkat. Sekecil apapun kontribusi kita dalam upaya perbaikan sangatlah berarti agar dapat mewariskan sesuatu yang berharga kepada generasi penerus, yaitu terwujudnya lembaga peradilan yang mulia dan agung.

9. Pengadilan tinggi mengharaplan agar yang diperoleh selama tiga hari ini, peserta BIMTEK dapat menjadi pemicu dan membangkitkan inisiatif untuk mendalami dan mengembangkannya sendiri, dalam rangka mewujudkan optimalisasi kinerja maupun reformasi birokrasi badan peradilan.

Di akhir sambutannya, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bandung menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan BIMTEK ini. Selamat kembali bertugas kepada Satuan Kerja masing-masing dengan semangat baja untuk mencapai visi dan misi Mahkamah Agung RI yaitu “Badan Peradilan yang Agung”.

SALAM KEADILAN!