KUNJUNGAN STUDI BANDING PENGADILAN TINGGI BANJARMASIN KE PENGADILAN TINGGI BANDUNG


BANDUNG – HUMAS: 22 Desember 2022 – Pengadilan Tinggi Bandung menerima kunjungan dari Pengadilan Tinggi Banjarmasin untuk kebutuhan studi banding pada hari Rabu, 21 Desember 2022 kemarin. Kegiatan studi banding kali ini berfokus untuk transfer of knowledge dan sekaligus menjadi diskusi bersama dalam upaya mengembangkan instansi masing-masing. Agenda kunjungan ini berawal dari pukul 11.00 WIB.

Setelah menerima tamu kunjungan di ruang VVIP, Ketua Pengadilan Tinggi Bandung mengajak perwakilan Pengadilan Tinggi Banjarmasin yang termasuk di dalamnya Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin untuk berkeliling dan berkunjung ke masing-masing fasilitas Pengadilan Tinggi Bandung. Kunjungan berawal dari fasilitas PTSP back office beserta ruang tamu virtual di depannya. Selanjutnya, Ketua Pengadilan Tinggi memperkenalkan PTSP Mandiri sebagai fasilitas unggulan Pengadilan Tinggi Bandung yang menonjolkan pelayanan yang murni secara virtual kepada para pencari keadilan.

Seusai mengunjungi PTSP, Ketua Pengadilan Tinggi Bandung beserta rombongan studi banding Pengadilan Tinggi Banjarmasin bergerak ke ruang sidang utama untuk memperlihatkan konsep videotron yang mengusung konsep multimedia untuk segala kegiatan atau event, sehingga tidak diperlukan lagi banner atau spanduk untuk memperkenalkan acara atau kegiatan yang diadakan di sana. Dari sana, fokus kegiatan berikutnya adalah konsep inovasi atau aplikasi yang digunakan Pengadilan Tinggi Bandung berikut upaya pengawasannya di Ruang Pusat Kendali Pengadilan Tinggi Bandung. Pada kesempatan yang sama, Ketua Pengadilan Tinggi Bandung berkesempatan untuk mendemonstrasikan penggunaan aplikasi tersebut kepada para tamu studi banding serta melakukan pengawasan virtual kepada beberapa Pengadilan Negeri yang terlibat – Pengadilan Negeri Kuningan, Pengadilan Negeri Cikarang, dan Pengadilan Negeri Bekasi.

Seperti yang diutarakan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Bandung bahwa inovasi yang diterapkan, semata-mata untuk lebih meningkatkan kinerja Pengadilan Tinggi Bandung sebagai lembaga peradilan yang melayani para pencari keadilan sesuai visi dan misi Mahkamah Agung. Lanjutnya, Ketua Pengadilan Tinggi Bandung berharap bahwa kegiatan studi banding akan semakin meningkatkan kinerja masing-masing dalam kegiatannya sehari-hari, terlebih lagi untuk menjawab tuntutan zaman dalam melayani para pencari keadilan dengan lebih optimal.