PELANTIKAN 7 KETUA PENGADILAN NEGERI WILAYAH HUKUM JAWA BARAT DI PENGADILAN TINGGI BANDUNG


BANDUNG – HUMAS: 29 Desember 2022 – Pada hari ini, Kamis tanggal 29 Desember 2022, Pengadilan Tinggi Bandung kembali melantik beberapa Ketua Pengadilan Negeri Wilayah Hukum Jawa Barat. Kegiatan pelantikan ini berlangsung pada pukul 10.00 WIB dan bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Bandung. Adapun beberapa Ketua Pengadilan Negeri yang dilantik pada hari ini, di antaranya adalah:

1. Surachmat, S.H., M.H. sebagai Ketua Pengadilan Negeri Bekasi;

2. Iman Luqmanul Hakim, S.H., M.Hum. sebagai Ketua Pengadilan Negeri Bogor;

3. Ridwan, S.H., M.H. sebagai Ketua Pengadilan Negeri Depok;

4. Achmad Ukayat, S.H., M.H. sebagai Ketua Pengadilan Negeri Sumber;

5. Hendra Halomoan, S.H., M.H. sebagai Ketua Pengadilan Negeri Cirebon;

6. Darma Indo Damanik, S.H., M.Kn. sebagai Ketua Pengadilan Negeri Purwakarta; serta

7. Ahmad Shuhel Nadjir, S.H., M.H. sebagai Ketua Pengadilan Negeri Karawang.

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi Bandung menyampaikan ucapan selamatnya kepada masing-masing Ketua Pengadilan Negeri yang telah dilantik. Kemudian, beliau pun mengucapkan terima kasih kepada para Ketua Pengadilan Negeri periode yang sebelumnya atas kinerja yang telah diberikan. Menurut beliau, meskipun beberapa kinerja dari beberapa Ketua Pengadilan Negeri masih ada yang belum maksimal tetapi tetap dapat diselesaikan dengan baik.

Selanjutnya, Ketua Pengadilan Tinggi Bandung berharap kepada Ketua Pengadilan Negeri yang baru saja dilantik untuk dapat melanjutkan kinerja yang lebih baik dari pendahulunya untuk instansinya masing-masing. Kedisiplinan dan kompetensi merupakan poin-poin yang perlu dimiliki oleh setiap Ketua Pengadilan Negeri dalam rangka membangun instansinya masing-masing ke arah yang lebih baik. Terlebih lagi menurut beliau, tantangan ke depan tentunya tidak akan mudah, sehingga kedisiplinan, kompetensi, serta semangat juang yang tinggi akan menentukan langkah dan hasil yang dapat diraih.

Menurut Ketua Pengadilan Tinggi Bandung pada kesempatan yang sama, Ketua Pengadilan Negeri adalah layaknya panglima dalam pertempuran – pemimpin atau leader – sehingga sudah menjadi keharusan untuk menjadi yang terdepan dalam mengatasi berbagai permasalahan / perkara yang ada di instansi masing-masing. Maka dari itu, tidaklah patut bagi seorang pemimpin untuk berlindung di balik bawahan dalam mengatasi tantangan yang ada di depan mata. Oleh karena itu, sudah tiba waktunya bagi para Ketua Pengadilan Negeri yang telah dilantik untuk dapat menunjukkan kemampuannya.

Acara pelantikan hari ini diakhiri dengan pemberian selamat oleh Ketua Pengadilan Tinggi Bandung dan Ketua Dharmayukti Karini Provinsi Jawa Barat kepada para Ketua Pengadilan Negeri yang telah dilantik beserta keluarga pendampingnya sebelum ditutup secara resmi dengan sesi foto bersama.